Pages

Hakikat Mencintai dan Memiliki

Lagi, judulnya nggak nyelow.  Tapi, diusahakan kali ini nyambung.  Jadi, saya baru saja menyadari sesuatu.  Ya, baru sadar walaupun udah lama diserukan.  Sering, bukan kita mengalaminya?  Contoh simpelnya, belajar itu katanya penting, tapi diabaikan, dan baru kerasa pas mau ujian.  Udah dapat gambarannya, kan?

Jadi, bermula dari saya yang diajak ibu saya belanja di Asemka.  Saat makan siang, saya mampir ke toko buku di sebelah restoran.  Buku disana murah-murah banget.  Saya beli dua buku harganya harusnya bisa lebih sampe 100 ribu, jadi 40 ribu.  Eh, saya nggak mau promosi disini.


Buku udah lama keluar, tapi baru beli, haha, miris...
 
Buku yang pertama saya baca Hafalan Shalat Delisa dari Tere Liye.  Alkisah, kemana pun ibu saya berhenti untuk nyari barang di salahh satu toko, saya akan buka itu buku.  Begitu terus.  Di kereta pun, pas lagi desek-desekan saya dengan bodohnya, berdiri, buka buku, cuek bebek, baca.  Ibu saya juga cuman bisa diam ngeliat saya khusyuk baca itu novel.

Masalahnya, novel itu sedih.  Saya sampai INGIN nangis.  Kenapa inginnya di-caps dan di-bold?  Karena, saya merasa kasian dengan diri saya sendiri.  Nggak bisa nangis gara-gara lagi di kereta.  Kan nggak lucu tiba-tiba ada anak nangis sambil megangin novel di kereta yang desek-desekan padahal emaknya ada di bawahnya lagi duduk.  Jadi saya tahan, tuh.

Nah, dari buku itu saya akhirnya mengerti, apa itu maksud 'Mencintai Karena Allah'.  Saya tahu bahwa semua yang saya dapatkan dan miliki saat ini adalah milik Allah.  Begitu juga sesuatu yang bernama perasaan.  Saya kutip sedikit dari buku tersebut,
Maha suci Engkau ya Allah, yang telah menciptakan perasaan.  Maha besar Engkau yang telah menciptakan ada dan tiada.  Hidup ini adalah penghambaan.  Tarian penghambaan yang sempurna.  Tak ada milik dan pemilik selain Engkau.  Tak ada punya dan mempunyai selain Engkau. (Catatan kaki Tere Liye dari Hapalan Shalat Delisa No. 18)
Dari situ saya baru menyadari dan mengerti bahwa perasaan senang, terharu, sayang, dan lainnya bukanlah milik saya.  Bisikan setan sering membuat perasaan tersebut berubah.  Semua itu hanyalah titipan Allah semata yang suatu saat dapat diambil oleh-Nya.  Karena Dia lah yang menciptakan semua perasaan-perasaan tersebut.  Dia lah yang menciptakan setan yang membisikan godaannya.  Dan Dia lah yang menciptakan saya yang dititipkan perasaan tersebut.

Jadi ingat, pas Kimey ngomong, "Kimey sayang kalian semua karena Allah."  Sempet cengo, bingung malah.  Setelah ngerti maknanya, makasih banyak Kimey, Fifin juga sayang Kimey karena Allah :) Ah, saya sayang semuanya karena Allah.  Yap!  Itu yang saya pelajari hari ini.

2 comments:

meytasaskia said...

oooo ya ampun.. ah buku tere liye memang keren keren banget X) uuu bidadari bidadari surga, baca fin, itu sedih juga.. tapi keren..

Ps: kimey seneng dan sedih baca post-an ini

Harningtyas A Jasmin said...

udah beli tapi belum baca mey, masih banyak buku tere liye yang belum kubaca, murah loh mye 10 buku tere liye 160 ribu :D